Penjelasan
Terlengkap tentang Pengertian Iklan, Ciri-Ciri , Syarat dan Jenis Jenis
Iklan Berdasarkan Kategori
Pengertian Iklan
Iklan merupakan
informasi yang isinya membujuk dan menarik perhatian masyarakat ramai supaya
tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Menurut
istilah, iklan berasal dari bahasa Yunani yang ebrarti menggiring orang-orang
kepada gagasan.
Dari pengertian
diatas, dapat dikatakan bahwa iklan memiliki arti memberitahu kepada orang
banyak mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.
Ciri-Ciri Iklan
- Mengunakan
kata yang menarik, tepat, logis dan sopan
- Menggunakan
kata yang mudah dimengerti dan mudah diingat oleh konsumen
- Menarik
perhatian konsumen
- Iklan
haruslah komunikatif dan informatif
Syarat Iklan
- Penggunaan
bahasa dan kata harus tertata dan tidak memiliki arti ganda
- Menggunakan
bahasa yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat
- Iklan
dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, dan target
- Tidak
boleh merendahkan atau menghina perusahaan lain
- Iklan
dibuat dengan jujur sesuai dengan produk yang ditawarkan
Manfaat Iklan
Manfaat iklan untuk
produsen antara lain:
- Produk
menjadi lebih terkenal di masyarakat
- Perusahaan
memperoleh keuntungan dalam bisnis dengan melonjaknya nilai jual produk
karena iklan
Manfaat iklan untuk
masyarakat yaitu masyarat lebih tahu dan lebih mengenal mengenai produk yang
akan di gunakan dan lebih pandai untuk memilih produk mana yang tepat untuk
digunakan.
Jenis Jenis Iklan
Berdasarkan Medianya:
- Iklan Cetak
Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik
cetak, seperti koran, majalah, tabloid dll. Berikut ini merupakan 3 wujud
iklan cetak, yaitu
- Iklan
baris, merupakan iklan yang hanya berisi tidak lebih dari 3-4 baris, dan
luas iklan tidak melebihi satu kolom
- Iklan
kolom, merupakan iklan yang memiliki luas satu kolom, namun lebih tinggi
dibanding iklan baris.
- Iklan
display, merupakan iklan yang memiliki ukuran lebih luas dibandingkan
iklan kolom.
2.
Iklan Elektronik
-
Iklan eketronik merupakan iklan yang menggunakan media berbasis elektronik.spesifik iklan elektronik berupa, antara lain
- Iklan radio, yaitu iklan yang dipublikasikan lewat radio,
biasanya berupa kombinasi antara voice dan efek suara (sound effect).
- Iklan Televisi, yaitu iklan yang dipublikasikan melalui televisi
berupa komninasi dari suara, gamabr, dan gerak.
- Iklan internet, yaitu iklan yang yang dipublikasikan melalui
internet, iklan internet ada yang didengar ada pula hanya tampilan gambar.
Berdasarkan
Tujuannya:
- Iklan
komersial, yaitu iklan yang
bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Dibedakan menjadi 2 yaitu,
- Iklan
tastis (iklan yang mendesak konsumen untuk segera membeli)
- Iklan
strategis (iklan yang membangun merk dagang)
- Iklan
non komersial, yaitu iklan yang digunakan
untuk menginformasikan, membujuk atau mendidik khalayak di mana tujuan
akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.
Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak, seperti koran, majalah, tabloid dll. Berikut ini merupakan 3 wujud iklan cetak, yaitu
- Iklan
tastis (iklan yang mendesak konsumen untuk segera membeli)
- Iklan
strategis (iklan yang membangun merk dagang)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar